Kunjungi 7 Tempat Wisata Religi Berikut Agar Perjalanan Umrah Anda Semakin Berkesan

Kategori : Umrah, Wisata, Ditulis pada : 30 Mei 2024, 16:56:46

Siapa yang tidak ingin menunaikan ibadah ke Baitullah? Setiap mukmin pasti ingin merasakan menjalankan rangkaian ibadah haji ataupun umrah di Baitullah. Kerinduan akan tanah yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam tersebut, tentu ada dalam hati para mukminin. Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan orang berkunjung ke Ka’bah untuk menunaikan rukun Islam yang ke-5 tersebut.

Perjalanan umrah akan makin lengkap jika Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata religi di kota Makkah dan Madinah. Pastinya, wisata religi ini bisa Anda jalani setelah melaksanakan keseluruhan rangkaian ibadah umrah.

Niat utama berkunjung ke tanah suci adalah untuk beribadah. Adapun agenda berkunjung ke tempat wisata religi adalah tambahan untuk semakin memperkuat keimanan dan semangat dalam beribadah. Juga untuk mengenang masa kejayaan Islam dengan melihat secara langsung lokasi bersejarah yang ada di sana.

Nah, berikut ini tujuh tempat wisata religi yang bisa Anda datangi selepas umrah ketika berada di Baitullah. Yuk, simak selengkapnya!

Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat yang mempunyai nilai sejarah, yaitu tempat pertama bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama diturunkan ke bumi. Tidak heran, begitu banyak kaum muslimin yang datang berkunjung ke tempat ini untuk melihat secara langsung Jabal Rahmah.

Ciri khas yang terdapat di Jabal Rahmah ini, Anda bisa melihat tugu persegi panjang dengan warna putih di atas bukit. Tugu beton tesebut menjulang dengan tinggi sekitar delapan meter. Untuk mencapai puncak bukit Jabal Rahmah, Anda harus naik setinggi 70 meter yang hanya dapat dilalui dengan cara berjalan. Jadi, pastikan Anda memiliki fisik yang kuat ya!

Gunung Uhud

Tujuan yang kedua yaitu Gunung Uhud. Masih ingatkah Anda tentang sejarah Perang Uhud? Ya, Perang Uhud merupakan perang yang cukup fenomenal pada zaman Rasulullah. Sebab pada saat itu terjadi peperangan antara umat Islam dan kaum kafir Quraisy di Gunung Uhud. Umat Islam terpukul sebab mengalami kekalahan.

31.jpg

Photo by Sulthan Auliya on Unsplash

Tentunya, banyak pelajaran atas kekalahan umat Islam pada waktu itu. Yaitu, dalam perang wajib tunduk pada perintah panglima perang yang saat itu dipimpin oleh Rasulullah. Karena tidak tunduk, maka akan mudah dikelabuhi oleh musuh. waktu itu, kaum kafir Quraisy dipimpin salah satu panglima perang terbaik yaitu Khalid bin Walid, yang kemudian akhirnya masuk Islam. Bahkan, Khalid mendapat Gelar Syaifullah yang berarti pedang Allah.

Gunung setinggi kurang lebih 350 meter tersebut terletak di sebelah utara kota Madinah. Anda dapat mengunjungi Masjid Al Fash, sekaligus ziarah makam para sahabat Nabi yang gugur saat perang Uhud. Di sini juga terdapat tempat Rasulullah melaksanakan shalat setelah perang Uhud.

Masjid Quba’

Tempat selanjutnya yaitu Masjid Quba’. Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun oleh Rasulullah saat hijrah yaitu pada tahun 1 Hijriyah bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Masjid Quba juga menjadi masjid pertama kaum muslimin yang digunakan untuk Shalat Jumat. Jadi, banyak umat Islam yang ingin mengunjungi masjid bersejarah ini saat umrah.

32.jpg

Photo by Hasan Taha on Unsplash

Masjid Quba terlihat megah dengan warna putih sebagai ciri khasnya. Terdapat 3 pintu sebagai akses keluar masuk di Masjid Quba. Di bagian tengah, Anda dapat menemukan sumur serta tempat wudhu (sahn), sedangkan di bagian luar masjid Anda dapat berbelanja aneka macam kurma untuk buah tangan. Masjid Quba terus mengalami perbaikan, sehingga masih tetap berdiri kokoh sampai saat ini. Jadi, luangkan waktu untuk mampir ke sini ya, saat melaksanakan umrah.

Gua Hira’

Gua Hira’ adalah tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali. Anda juga dapat menyaksikan secara langsung Gua Hira’ dari dekat, namun Anda harus dalam keadaan fisik yang fit untuk mencapai tempat ini. Karena, jalan menuju Gua Hira’ melewati tebing yang lumayan curam. Jangan lewatkan mampir ke Gua Hira’ setelah melaksanakan rukun umrah untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Masjidil Haram

Saat menunaikan umrah, bisa dipastikan Anda selalu mengunjungi Masjidil Haram yang berlokasi di Kota Makkah. Sebab mayoritas rukun umrah dilakukan di Masjidil Haram, mulai dari thawaf, sai, serta tahallul. Anda juga berkesempatan berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail yang terletak di dekat bangunan Ka’bah. Rasakan nikmatnya beribadah dan beri’tikaf saat berkunjung ke Masjidil Haram.

Masjid Nabawi

Masjid lain yang wajib Anda kunjungi yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang bertempat di Kota Madinah ini merupakan masjid utama yang dipakai oleh Rasulullah selama menyebarkan agama Islam di Kota Madinah. Dahulu, Masjid ini masih di area rumah Rasulullah. Bahkan, Rasulullah juga dimakamkan di area masjid Nabawi.

33.jpg

 Photo by Afif Kusuma on Unsplash

Kerinduan kepada Rasulullah bisa terobati ketika Anda berada di Masjid Nabawi. Masjid yang disebut masuk salah satu masjid terbesar di dunia ini senantiasa ramai oleh para jamaah umrah. Anda bisa mengunjungi Raudhah, salah satu tempat yang paling dikabulkan untuk memanjatkan doa.

Jannatul Baqi

Bagi Anda yang ingin ziarah makam, bisa berkunjung ke Jannatul Baqi di Kota Madinah. Di sanalah tempat dimakamkannya mayoritas sahabat Rasulullah. Di tempat yang dijuluki Tree Garden of  Heaven (Jannatul Baqi’) ini Anda dapat mendoakan para sahabat yang dimakamkan di sana.

Jabal Tsur

Tempat keenam, tempat dengan sebutan yang tak asing lagi yakni Jabal Tsur. Ya, di Jabal Tsur terdapat lokasi bersejarah yaitu Gua Tsur, tempat Rasulullah bersembunyi selama tiga hari bersama sahabatnya yaitu Abu Bakar ketika hijrah ke Madinah. Anda bisa menjadikan Jabal Tsur sebagai pilihan tempat untuk dikunjungi saat umrah.

Pasar Ja’fariyah

Terakhir, tidak lengkap rasanya umrah tanpa membeli oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Anda bisa mengunjungi Pasar Ja’fariyah yang letaknya satu kilometer dari Masjidil Haram. Anda bisa berbelanja aneka camilan seperti kurma, kismis, dan sebagainya. Ada juga cinderamata seperti tasbih dan sajadah yang dapat Anda bawa untuk oleh-oleh keluarga dan sahabat.

Nah, itulah 7 tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi setelah menunaikan ibadah umrah. Semoga umrah Anda diterima, serta bisa merasakan perjalanan yang lebih berkesan dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id