Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar Sahabat Rawdha, kali ini MinRa mau kasih tips gimana sih cara pilih Travel Umroh yang aman dan sesuai Sunnah.

Berikut beberapa tipsnya:

  1. Pilih Travel Yang Memiliki Izin Resmi. Sahabat Rawdha perlu menanyakan surat izin resmi travel umroh dari Kementerian Agama dan Surat Izin Usaha. Jika kalian sudah mengantongi bukti tersebut, sudah pasti travel umrohnya aman. Tetapi, perlu dicek di Website Resmi SIMPU
  2. Pastikan Siapa Pemilik atau Pendirinya. Kalian juga perlu tau siapa pemilik travelnya, bisadatang langsung ke kantor untuk menanyakan lebih detail terkait keberangkatan umroh dan pendirinya, kalau bisa ngobrol langsung dengan pemiliknya, kalian lebih aman dan tau kemana kalian bisa komplain saat terjadi kendala
  3. Cek Alamat Kantor. Ini adalah salah satu hal wajib yang perlu diketahui untuk semua calon jamaah umroh, jangan hanya mendapatkan alamat sebatas nama kota saja, perlu tau nama jalan, nomor kantor, RT RW, kelurahan dan kecamatannya. Lalu cek di google maps apakah kantor tersebut sudah ada di Goggle Maps atau belum.
  4. Cek Rekam Jejaknya. Banyak aspek yang perlu Sahabat Rawdha ketaui mengenai rekam jejak travel umroh yang aman. Tanyakan siapa pemiliknya, tanggal dan tahun berdirinya kantor travel tersebut, bisa dilihat dari sosial media nya seperti instagram, lihat dari testimoni jamaah sebelumnya, pastikan tanggal keberangkatannya, tanyakan pelayanan dan fasilitas saat di Bandara, Hotel Mekkah dan Madinah.
  5. Gali Informasi Melalui Kerabat. Selain dilihat dari sosialmedia, Sahabat Rawdha juga bisa mencari informasi dari kerabat, tetangga, atau saudara yang sudah pernah pergi umroh dengan travel tersebut
  6. Cek Website Resmi Travel. Sahabat Rawdha bisa cari informasi juga melalui website resmi nya. Selain mendapat info seputar umroh, Sahabat Rawdha juga bisa booking seat melalui website lalu konfirmasikan ke nomor admin resmi.
  7. Cek Rekening dan Alur Pembayaran. Ini adalah point yang sangat krusial bagi Sahabat Rawdha yang sedang hunting travel umroh, pastikan alur pembayarannya jelas dan atas nama rekening perusahaan. Jika mendaftar melalui Mitra atau Agent, jangan tergiur jika harus transfer ke rekening pribadi Mitra atau Agent.
  8. Tanyakan Detail Seputar Harga dan Fasilitas. Sahabat Rawdha pastinya harus tahu pasti harga paket umroh yang ditawarkan dan fasilitas dan perlengkapan yang diberikan. Tanyakan secara detail berapa harga paket umrohnya, berapa lama di Mekkah dan Madinah, bagaimana akomodasi menuju bandara keberangkatan di Indonesia sampai di Madinah/ Mekkah, pastikan travel umroh punya itinerary dari hari pertama keberangkatan hingga hari terakhir sampai kembali ke Tanah Air.
  9. Cek Siapa Pembimbing Umrohnya. Salah satu tips agar umroh Sahabat Rawdha dibimbing sesuai Al-Qur'an dan sunnah serta sesuai pemahaman para shalafush shalih, pastikan siapa membimbing umrohnya, lihat rekam jejak pembimbing umrohnya.
  10. Jangan Tergiur Harga Murah. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian masyarakat umum memilih harga yang lebih murah dengan fasilitas yang lebih baik. Perlu diketahui oleh Sahabat Rawdha bahwa harga yang ditawarkan semestinya sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Pelu waspada dan hati-hati jika ada travel umroh yang menawarkan harga kaki lima dengan fasilitas dan pelayanan yang bintang lima.


Barakallahu fiikum.. Semoga Sahabat Rawdha diberi kesempatan untuk ibadah umroh dan haji,

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh